Cari Kuliner

Buah Langka Di Indonesia Yang Hampir Punah, Rasanya Ternyata Super Lezat

Buah-buahan menjadi salah satu menu 4 sehat 5 sempurna yang harus dikonsumsi manusia, memiliki beragam kandungan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan. Berbagai jenis buah yang diinginkan umumnya bisa ditemukan dengan mudah di pasar atau pedagang keliling, namun ternyata ada beberapa jenis buah berikut ini yang mungkin tidak bisa ditemukan dengan mudah meski telah memesan tiket di situs tiket pesawat murah menuju luar negeri sekalipun karena hanya ada di Indonesia. Buah apa saja itu?

1. Buah Kecapi










Tampilan buah ini mirip sekali dengan buah manggis namun berbeda warna, buah yang memiliki kulit keras ini selain rasanya yang cukup manis dengan sedikit asam namun buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti mengatasi sakit perut, kram perut, demam, dan lainnya.


 2. Buah Keledang
 

Buah paling langka di dunia yang hanya bisa ditemukan di Kalimantan (saat ini bahkan di wilayah aslinya buah ini sulit ditemukan danmasuk kategori langka karenaberkurangnya hutan-hutan di wilayah ini).Memiliki tampilan luar persis seperti buah nangka (masih masuk dalam family yang sama), namun untuk bentuk isinya sendiri berbeda dan rasanya campuran dari rasa nangka dan manggis. Cek situs tiket pesawat murah menuju hutan Kalimantan jika berminat untuk menemukan buah langka satu ini, pohon buah Keledang biasanya berbuah pada bulan Desember.


3. Buah Maritam




Buah Maritam memiliki tampilan yang hampir sama dengan rambutan dan bahkan rasanya tidak telalu berbeda dan cenderung sama, hanya saja buah yang satu ini tidak memiliki rambut. Buah yang masih family dengan rambutan ini merupakan buah endemik dari Kalimantan, jadi bagi yang ingin mencicipi buah yang satu ini harus terbang ke Kalimantan. Pohon buah yang satu ini tidak berbeda jauh dengan pohon rambutan, hanya saja umumnya ukuran dari pohonnya berukuran raksasa.


4. Buah Lobi-lobi




Buah yang memiliki tampilan warna dan bentuk yang hampir mirip dengan buah Chery ini mudah ditanam pada jenis tanah apapun, rasanya cenderung asam dan juga sedikit manis sehingga cocok dijadikan sebagai rujak (bisa juga dijadikan selai, manisan, atau punasinan). Bukan hanya rasanya saja yang lezat, namun buah ini juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang berguna untuk kesehatan (mengatasi diare dan kencing berdarah).



5. Buah Bisbul



Pesan kamar hotel murah di reservasi.com saat berlibur ke wilayah Bogor dan jangan lupa untuk menikmati salah satu buah langka yang sudah sulit ditemukan bernama Bisbul.Buah yang dianggapoleh masyarakat Bogor sebagai buah khas dari wilayah ini masih satu family dengan buah kesemek, hanya saja buah ini tumbuh di dataran rendah dan hawa yang panas.Buah yang memiliki rasa lezat ini sangat baik untuk menjaga pencernaan, mencegah anemia, dan juga berbagai kesehatan tubuh lainnya.



6. Manggis Putih



Umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa buah manggis berwarna ungu, namun ternyata ada buah manggis yang berwarna putih. Buah manggis putih hanya bisa ditemukan di wilayah Lingsor kab. Lombok Barat NTB, memiliki tampilan kulit berwarna putih dan saat sudah matang akan berubah menjadi merah keunguan. Jika dibandingkan dengan manggis ungu, manggis putih memiliki rasa yang lebih manis dan daging buahnya juga lebih renyah karena memiliki kandungan air yang lebih sedikit.





7. Buah Kemunting

Memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 1 cm sampai 1,5 cm ini biasanya tumbuh di atas bukit, terutama pada tanah liat yang bercampur pasir. Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan banyak mengandung serat, biasanya berwarna ungu tua. Selain bisa dikonsumsi langsung, buah yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai pai atau pun selai.




8.  Buah Manau


Pesantiket di situs tiket pesawat murah menuju wilayah Bangka, Belitung, atau wilayah Sumatera untuk menemukan jenis buah yang satu ini, buah yang berasal dari tanaman rotan ini memang tidak bisa ditemukan di sembarang tempat dan hanya dijual di berbagai pasar tradisional di wilayah tersebut. Buah yang memiliki tampilan sisik maupun warnanya seperti salak, memiliki rasa yang asam manis selain bisa dikonsumsi langsung namun lebih nikmat jika dimasukan dalam menu asinan.

9. Buah Matoa


Buah yang memiliki rasa manis yang mirip dengan buah kelengkeng dan rambutan ini merupakan buah khas Papua, hanya bisa berbuah sekali dalam setahun yakni pada bulan Juli sampai Oktober. Buah Matoa memiliki warna merah keunguan dengan campuran warna hijau sedikit, memiliki bentuk yang lonjong seperti buahs awo.



Pesan kamar hotel murah lewat reservasi.com untuk berkunjung ke berbagaiwilayah di atas dan nikmati kelezatan buah langka yang hanya bisa ditemukan di beberapa wilayah tersebut. Meski zaman dahulu berbagai buah tersebut mudah untukditemukan, namun seiring dengan beberapa faktor tertentu menjadikan berbagai buah tersebut sulit ditemukan.
>

Postingan terkait:

Belum ada komentar untuk "Buah Langka Di Indonesia Yang Hampir Punah, Rasanya Ternyata Super Lezat"

Post a Comment